Mengenal Lebih Dalam “Apa Itu Teks Eksposisi”

0

Bagi kebanyakan orang membaca adalah hal yang melelahkan, terlebih lagi jika tulisan tersebut begitu panjang dan bertubi-tubi. Tentu hal ini membuat si pembaca enggan untuk melihat atau bahkan membacanya. Bener kan? Namun, tahukah anda bahwa ada tulisan yang selama ini pasti sudah sering anda baca di berita-berita koran. Berita-berita ini biasanya menjelaskan informasi atau pengetahuan tertentu.

Berita yang seperti ini termasuk salah satu jenis teks berbahasa Indonesia, teks eksposisi. Tahukah anda teks eksposisi itu apa? Yaitu sejenis artikel ataupun paragraf yang di dalamnya terkandung bermacam informasi.

Pengetahuan yang sudah disajikan dalam rangkaian singkat, akurat dan padat. Contoh dapat dilihat dalam berita di surat kabar dan petunjuk penggunaan. Jadi bagi pembaca tak perlu risau jika tulisan tersebut membuat anda bingung karena jenis teks eksposisi ini disajikan dengan rangkaian singkat namun isinya padat guys. Nah, adapun yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai penjelasan teks eksposisi. Untuk itu kita simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah sebuah paragraf atau karangan yang terkandung di dalamnya sejumlah informasi yang mana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat dan akurat. Paragraf atau teks eksposisi bersifat real, nyata dan Ilmiah atau dapat dikatakan sebagai teks non fiksi.

Dalam penggunaanya di dalam kehidupan sehari-hari teks eksposisi sering digunakan untuk memaparkan atau memberi tambahan penjelasan suatu perihal secara terperinci dari sudut pandang orang yang bercerita tersebut. Sebuah teks eksposisi bisa membahas tentang pendidikan, ekonomi dan masih banyak lagi.

Tujuan teks eksposisi untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian. Oleh karena itu dalam membuat teks eksposisi penulis harus mengerti terlebih dahulu tentang struktur teksnya sebab jika tidak terdapat struktur teks eksposisinya maka teks tersebut tidak dapat dikatakan teks eksposisi.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi umumnya terdiri dari 4 bagian utama yakni pembukaan, isi, argumentasi dan penegasan ulang. Adapun penjelasan tentang susunan teks eksposisi adalah sebagai berikut ini :

Pembukaan : Struktur teks eksposisi yang pertama merupakan pembukaan atau sering disebut bersama dengan orientasi. Pada bagian ini kami bakal menyaksikan pandangan awal yang ditulis oleh penulis perihal sebuah persoalan bersama dengan kronologis yang sangat relevan.

Argumentasi : Argumentasi adalah struktur teks eksposisi yang memuat tentang bukti bukti relevan yang mendukung thesis atau isi dari teks eksposisi ini. Umumnya argumentasi akan mengandung fakta fakta relevan yang berkaitan dengan pokok bahasan seperti tanggal, latar, narasumber dan penggunaan angka angka yang umumnya bersifat konkrit.

Tesis (Pendapat) : Tesis dalam struktur teks eksposisi adalah suatu bagian yang berisi pendapat penulis atau orang lain terkait topik yang dipermasalahkan dalam teks eksposisi. Bagian tesis menjadi tempat gagasan utama atau prediksi dari penulis terkait permasalahan yang dilandasi fakta. Bagian ini juga berfungsi sebagai tempat bagi penulis untuk; setuju atau tidak, boleh atau tidak boleh, halal atau haram dan sejenisnya. Di bagian inilah pendirian penulis diperlihatkan.

Penutup : Bagian penutup dalam teks eksposisi biasanya berupa penguatan atau penegasan kembali tesis (pendapat) yang dikemukakan oleh penulis namun dengan kalimat yang berbeda. Pendapat ini telah ditunjang sebelumnya oleh keseluruhan fakta dalam bagian argumentasi.

Jenis Teks Eksposisi

Berdasarkan cara atau metode penguraiannya, karangan eksposisi atau teks eksposisi dapat dibedakan ke dalam beberapa karangan eksposisi atau teks eksposisi, ada beberapa jenis jenis teks eksposisi atau karangan eksposisi yaitu:

1. Teks Eksposisi Perbandingan : Teks eksposisi perbandingan merupakan paragraf yang tersusun atas ide-ide atau gagasan utama yang disajikan dengan cara membandingkan hal satu dengan hal yang lainnya.

2. Teks Eksposisi Pertentangan : Teks Eksposisi pertentangan merupakan sebuah paragraf atau karangan yang berisi mengenai hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

3. Teks Eksposisi Ilustrasi : Teks Eksposisi ilustrasi yaitu suatu jenis paragraf yang memaparkan informasi atau pembahasan-pembahasan suatu topik dengan metode menampilkan gambaran atau penjelasan yang simpel terkait sebuah topik dengan topik yang lainnya yang memiliki persamaan baik sifat atau kemiripan dalam suatu hal tertentu.

4. Teks Eksposisi Laporan : Tekas eksposisi laporan adalah paragraf yang tersusun atas ide-ide atau gagasan utama yang disajikan berdasarkan penelitian terhadap suatu peristiwa tertentu. Paragraf ini berfungsi untuk memberikan laporan.

5. Teks Eksposisi Perbandingan : Teks Eksposisi perbandingan adalah jenis paragraf eksposisi yang ide ataupun gagasan utamanya dikemukakan dengan cara memberikan perbandingan atau membandingkan dengan suatu hal lain yang berbeda atau sama.

6. Eksposisi Proses : Pengertian teks eksposisi proses atau karangan eksposisi proses adalah teks yang memaparkan sesuatu dengan langkah langkah atau step by step sehingga sesuatu itu jelas. Umumnya teks eksposisi proses digunakan dalam menjelaskan cara membuat atau melakukan sesuatu.

7. Eksposisi Klasifikasi : Pengertian teks eksposisi klasifikasi adalah karangan teks yang memaparkan sesuatu dengan mengelompokkan sesuatu agar sesuatu tersebut dapat tergambarkan jelas.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Sama seperti teks pada umumnya, teks eksposisi mempunyai sebagian tanda-tanda lazim teks eksposisi. Ciri-cici ini digunakan untuk membedakan dan memilih apakah sebuah teks tergolong dalam teks eksposisi atau bukan. Ciri-ciri teks eksposisi adalah sebagai berikut:

  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan.
  • Gaya informasi yang mengajak.
  • Biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana.
  • Berusaha menjelaskan tentang sesuatu.
  • Gaya bersifat informatif.
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi.
  • Singkat, Padat, Akurat.
  • Berusaha menjelaskan sesuatu.
  • Fakta juga dipakai sebagai alat konkritasi.
  • Penyampaian secara lugas serta memakai bahasa yang baku.
  • Tak memihak, yang berarti tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca.
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi.
  • Paragraf eksposisi umumnya menjawab tentang askadimega.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Mengenai Kesehatan

Pemilihan tema dalam contoh ini, saya sesuaikan dengan tema yang banyak dicari oleh pembaca, seperti yang saya tahu banyak sekali yang belum paham mengenai beberapa khasiat dari “lidah buaya”.

Sebelum melangkah lebih jauh, hal penting yang harus diketahui sebelum membuat teks eksposisi adalah pengetahuan tentang struktur dari teks eksposisi. Benar bukan? Sebab, struktur inilah yang bertanggungjawab apakah sebuah teks layak disebut sebagai teks eksposisi. Jangan sampai, contoh karangan yang kita buat bukanlah teks eksposisi. Berikut contoh yang singkat;

  • Khasiat Lidah Buaya

Tesis

Sejak zaman dulu, nenek moyang kita telah mengenal berbagai khasiat dari tanaman lidah buaya. Khasiat tanaman ini tidak hanya berguna untuk menyuburkan rambut, akan tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

Argumentasi

Walaupun sejak dulu dikenal mempunyai banyak Khasiat, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini dapat dijadikan sebagai komoditas yang sangat menguntungkan bagi manusia.

Para peneliti mengungkapkan banyak sekali Khasiat yang terdapat dalam tanaman lidah buaya. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai khasiat tanaman tersebut :

1. Bagian tertentu dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat ampuh untuk mengobati bekas luka, luka karena cedera ataupun luka karena terbakar.

2. Lidah buaya juga dikenal bersifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini memiliki kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya bisa mencegah atau menghentikan perdagangan yang disebabkan oleh cedera.

3. Lidah buaya dapat meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Lidah buaya juga sangat baik untuk mengatasi sembelit.

Penegasan Ulang

Sudah sangat jelas, lidah buaya tidak hanya berkhasiat sebagai ramuan untuk menyuburkan rambut, akan tetapi bisa dijadikan sebagai makanan alami yang sangat menyehatkan. Ternyata alam begitu sangat lengkap menyediakannya untuk kita.

Sangat diperlukan memperhatikan struktur dari Teks eksposisi, karena seperti yang dijelaskan diatas bahwa “terdapat beberapa informasi yang isi dari paragraf tersebut di tulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan sebuah pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat dan jelas” Agar para pembaca dapat dengan jelas mengerti penulisan teks tersebut.

Dan ingat guys, jika ingin membuat suatu teks eksposisi hal yang perlu diperhatikan ialah strukturnya, menyusun teks ini sama dengan struktur penyusun Teks Editorial (Opini), dimana didalamnya ada 3 struktur yaitu Pernyataan pendapat (tesis), Argumentasi, Penyataan/Penegasan ulang pendapat (Reiteration). Untuk itu sekianlah penjelasan mengenai apa itu teks eksposisi dan apa saja jenis-jenis dari teks tersebut.

Share.

About Author