Mengenal Brainware Serta Tugas Dan Jenisnya

0

Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem. Sistem adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu proses pencapaina suatu tujuan utama. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer. Manusia yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkannya. Akan sia-sia bila perangkat komputer bukan manusia sendiri yang menggunakannya.

Lepas dari sistem interface windowns, brainware sendiri merupakan syarat user friendly sebuah komputer dengan mage sistem dari komputer dibuat secara manual. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Agar tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada alemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah software, hardware dan brainware. Lalu seperti apa itu brainware?

Pengertian Brainware

Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem di dalam perangkat komputer.

Brainware dapat dikatakan sebagai perangkat intelektual yang mengoprasikan kemampuan dari hardware ataupun software. Tanpa adanya brainware mustahil suatu komputer dapat menjadi bermanfaat untuk sekumpulan software dan hardware. Konsep Hardware, Software, Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer.

Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya. Komputer harus menyediakan 3 elemen utama yang harus ada untuk mewujudkan suatu sistem komputer yang berfungsi dengan baik. Ketiga elemen tersebut ialah;

  1. Hardware (Perangkat Keras).
  2. Software (Perangkat Lunak) dan yang terakhir serta yang paling penting.
  3. Brainware (Pengguna).

Sistem Komputer tidak akan terwujud bila salah satu elemen saja tidak ada. Berikut ini adalah pengertian dari Ketiga Elemen yang menyusun Sistem Komputer Tersebut;

  • Hardware

Merupakan komponen dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba keberadaannya. Apabila tidak ada tidak terdapat perangkat keras dalam sistem komputer, maka tidak akan ada yang dioperasikan. Perangkat keras (Hardware) ini terdiri atas perangkat input/output, perangkat penyimpanan, perangkat pemroses. Masing-masing perangkat tersebut ialah, keyboard, mouse, monitor, hardisk, RAM, CPU, dan lain-lain. Perangkat-perangkat keras tersebut saling membentuk satu kesatuan sehingga dapat difungsikan.

  • Software

Merupakan suatu program yang digunakan dalam komputer berupa intruksi-intruksi (perintah) yang dapat dimengerti oleh komputer. Software inilah yang mengoperasikan perangkat keras yang ada pada komputer. Tanpa adanya software, perangkat keras komputer tidak akan bisa dioperasikan. Bayangkan saja jika tidak ada software, bagaimana perangkat keras yang ada akan dioperasikan.

Dengan adanya software ini, kita dapat meminta komputer untuk melakukan berbagai macam pekerjaan, seperti mengetik, mendengar musik, menonton video. Software utama yang harus ada dalam komputer adalah sistem operasi, baru kemudian sistem operasi tersebut dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi default maupun aplikasi tambahan lainnya jika diperlukan.

  • Brainware

Adalah User atau pengguna yang menjalankan komputer tersebut, dalam hal ini bisa kita sebut seberti Manusia, manusia adalah Brainware yang sempurna untuk komputer.

Karena komputer hanyalah sebuah rangkaian elektronika yang hanya berfungsi jika didukung dengan komponen lainnya, yaitu software dan brainware. Dan secara maksimal bahwasannya berdasarkan tingkatan serta cara pemanfaatannya, perangkat brainware komputer ini terbagi atas 4 tingkatan yaitu diantaranya.

  1. System Analys.
  2. Programmer.
  3. Administrator.
  4. Operator.

Tugas Dari Brainware

1. System Analyst

System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem.

  • Sistem analis harus memiliki setidaknya empat keahlian,
  1. Analisis.
  2. Teknis.
  3. Manajerial.
  4. Interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain).

Kemampuan analisis memungkinkan seorang system analyst untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang system analyst untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi.

Dan seorang system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang system analyst untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administrator dan profesi sistem lainnya.

2. Programmer

Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.

Orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program (baik aplikasi maupun system operasi) sesuai system yang dianalisa sebelumnya.Tanggung jawab pemrogram terbatas pada pembuatan program komputer. Pengetahuan programer cukup terbatas pada teknologi komputer, sistem komputer, utilitas dan bahasa bahasa program yang diperlukan. Pekerjaan programer sifatnya teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program. Pekerjaan programer tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang, terbatas pada sesama pemrogram dan analis sistem yang mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.

Programmer terbagi menjadi 2 (dua) golongan yaitu;

  1. System Programmer yaitu programmer yang menangani perangkat lunak sistem dengan tugas mengembangkan sistem perangkat lunak, pemilihan dan mengatasi permasalahan teknis yang berhubungan dengan perangkat lunak.
  2. Application Programmer yaitu programmer yang menangani program yang dibuat untuk suatu sistem pengolahan data tertentu.

3. Administrator

Ada tugas dan tanggung jawab disaat mengelola suatu sistem operasi dan program yang berjalan pada sebuah sistem jaringan komputer.

  1. Menerima Laporan leaver, stayer, cheater (MH, bugs) dari users yg ada di channel dan memproses baned sesuai dengan bukti yg ada.
  2. Menjaga ketertiban atau keteraturan Channel utama SquaLGamers.
  3. Mencegah flooding (mengulang kata-kata yg sama dalam waktu singkat).
  4. Mencegah flaming (kata-kata yg bisa memancing emosi user lain).
  5. Mencegah capslock (capslock teriak dalam aturan chat, mengurangi kesopanan).
  6. Mencegah badword (kata-kata kasar atau tidak sopan).
  7. Mencegah user yg promo server lain di channel selain server melsagamers.
  8. Mencegah spam (stupid pointless anoying message).

4. Operator

Seseorang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer tersebut. Operator ini memiliki tingkatan terakhir karena operator ini hanya bertugas untuk memainkan atau menggunakan komputer saja. Operator tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan IT, selain pelatihan sesuai tugasnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, tentu memerlukan otoritas yang cukup tinggi karena harus bisa menghidupkan dan mematikan sistem. Mereka memiliki akses penuh atas console sistem dan aplikasi untuk sistem produksi. Oleh karena itu operator harus bekerja di ruang khusus yang tidak boleh dimasuki oleh siapa saja selain yang diijinkan oleh pimpinan operasi. Sebaliknya, console sistem dan aplikasi untuk sistem produksi di setup sedemikian rupa supaya tidak bisa dibuka diluar ruang operator.

Brainware Dikategorikan Menjadi Dua

1. Laterat Komputer

Kategori Laterat komputer merupakan seorang pengguna yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang apakah komputer dan bagaimana alat tersebut digunakan. Seorang laterat komputer tidak memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menganalisis kerusakan, memanfaatkan komputer untuk aplikasi berbasis interfacing, mengidentifikasi dan pemilihan komponen-komponen yang baik unuk performa terbaik sekaligus merakitnya menjadi sebuah komputer yang lengkap dan dapat beroperasi.

2. Kompeten Komputer

Seorang kompeten komputer menguasai terminologi komputer yang digunakan menguasai fungsi bagian-bagian sistem komputer dan memiliki keterampilan menggunakan komputer untuk menghasilkan informasi atau melakukan tugas-tugas yang diinginkan. Kategori ini juga memiliki kemampuan mengidentifikasi dan memilih komponen komputer yang baik untuk performa terbaik.

Seorang Diploma III Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara diharapkan memiliki kategori seorang kompeten komputer karena peralatan Telekomunikasi dan Navigasi Udara saat ini dioperasikan menggunakan sistem komputer sehingga seorang teknisi dituntut untuk selalu siap akan datangnya teknologi komputer terbaru.

Nah, skill semacam ini perlu untuk dimiliki bagi kalian yang ingin menggeluti bidang IT yang dimana semuanya berupa kode yang tak jelas dan tak terstruktur namun disanalah letak kalian harus memahami dengan baik apa atau dimana atau kapan dengan benar dan baik agar tidak terjadinya kesalahan oleh karena itu mulai lah belajar dari sekarang. Dan berikut kita simak bersama jenis-jenis brainware.

Jenis-Jenis Brainware

Jika anda melakukan kegiatan semisal Coding Program maka anda akan disebut sebagai Programmer dan istilah lainya tergantung kegiatan apa yang anda lakukan didepan komputer. Brainware ini juga memiliki istilah tersendiri tergantung pekerjaan user pada komputer. Jenis Brainware pada komputer adalah sebagai berikut :

1. Operator Komputer 

Adalah seorang yang bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang telah ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan

2. Teknisi

Teknisi sangat bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dansebagainya.

3. Trainer

Seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.

4. Konsultan Komputer

Adalah seseorang yang handal dalam memberikan nasehat pada bidang komputer. Orang jenis ini bisa memberikan anda solusi agar menyelesaikan permasalahan anda saat misal bingung memilih Hardware Komputer.

5. Project Manager

Seseorang yang bertugas memimpin suatu project tertentu khususnya dalam hal komputer.

6. System Analisis

Yang sangat bertanggung jawab dalam hal merancang maupun menganalisa suatu program yang akan ia buat sebelum jadi.

7. Programmer

Bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.

8. Graphic Designer

Graphic Designer adalah seorang yang mampu menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, dan sebagainya. Graphic Designer bertugas untuk menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh pengguna akhir dalam bentuk desain yang menarik.

9. Spesialis Jaringan

Seorang Brainware yang sudah mahir didalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.

10. Database Komputer

Seorang yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sejenisnya.

Peran Brainware Dalam Manajemen Informasi Perusahaan

Dalam dunia bisnis brainware dikatakan sebagai sekelompok orang yang memiliki kemampuan intelektual untuk mengeksplorasi jaringan sistem informasi manajemen. Secara umum, brainware yang dimaksud dalam sistem informasi manajemen bisnis berfungsi untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat bagi kelangsungan organisasi atau perusahaan yang dimaksud adalah kompetisi.

Hal ini disebabkan karena sistem informasi berperan penting dalam menghadapi persaingan bebas antar suatu komunitas bisnis. Peran brainware sangat penting bagi keoptimalan manajemen informasi suatu bisnis yang sedang dijalankan. Adapun beberapa peran seorang brainware dalam dunia bisnis antara lain yakni;

  1. Sebagai unit manajemen terhadap segala hal yang berkaitan dengan database dalam komputer. Perusahaan atau bisnis harus memiliki komponen brainware sebagai sekelompok orang yang akan mengelola manajemen informasi perusahaan.
  2. Sebagai pengendali dan pengawasan terhadap jaringan komputerisasi di dalam perusahaan. Tidak adanya peran brainware dapat berakibat pada kurangnya pengawasan terhadap database perusahaan dan meningkatkan kemungkinan data diretas oleh kompetitor.
  3. Seorang pemimpin perusahaan termasuk brainware, yakni sebagai otak atau CPU-nya perusahaan untuk mengendalikan kearah mana perusahaan akan dibawa. Pemimpin yang tidak memiliki kapasitas dibidangnya bisa menyebabkan perusahaan salah arah atau berjalan di tujuan yang menyimpang. Tentu ini akan berakibat buruk bagi kelangsungan perusahaan.
  4. Komponen brainware terutama manajer perusahaan berpengaruh paling signifikan terhadap pelaksanaan sistem manajemen untuk menghasilkan sistem informasi yang akurat dan berguna bagi kelangsungan perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan bisnis yang sedang berkembang, komponen brainware harus diupayakan untuk dimiliki sebagai langkah untuk menuju keteraturan sistem informasi manajemen. Sistem informasi yang baik menghasilkan informasi-informasi yang bermanfaat secara langsung terhadap perkembangan perusahaan beserta keamanannya. Demikianlah penjelasan mengenai brainware, semoga penjelasan diatas memberi manfaat serta pengetahuan bagi pembaca.

Share.

About Author