Bagian-Bagian Alat Indera Manusia Beserta Fungsinya

0

Guys, tahukah kamu dalam setiap tubuh manusia terdiri dari berbagai macam organ yang berperan penting dalam menjalankan sistem tubuh? Dari banyaknya anggota tubuh manusia, ada yang beberapa diantaranya dianggap sebagai alat indera dan yang dimaksudkan adalah mata, kulit, lidah, telinga dan hidung. Dari beberapa anggota tubuh tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Penjelasan Mengenai Indera Manusia

Sebelum kita menjelaskannya satu demi satu, tidak ada salahnya bagi kita untuk lebih dulu mengetahui apa sih yang dimaksudkan dengan alat indera? Alat indera adalah bagian-bagian tubuh manusia yang memiliki kemampuan dalam menerima suatu rangsangan yang akan dikirimkan ke otak. Dari beberapa alat tersebut hanya akan bekerja atau berfungsi jika tidak mengalami kelainan pada saraf yang menghubungkan antara alat indera dengan sistem saraf pusat.

Setiap organ yang dimiliki oleh tubuh memiliki sistem kerja dan fungsinya masing-masing. Lalu, apa aja sih fungsi dari organ indera tersebut? Fungsi mata adalah untuk melihat, fungsi lidah sebagai alat perasa, fungsi kulit sebagai peraba, fungsi telinga untuk mendengar dan hidung berfungsi sebagai penghirup atau membaui.

Setiap rangsangan yang berasal dari luar akan ditangkap oleh alat indera dan kemudian akan mengirimkan rangsangan tersebut ke otak. Setelah otak menerima rangsangan, maka rangsangan tersebut akan kembali diolah dan akan dikembalikan lagi ke tempat semula dengan menanggapi rangsangan yang sudah diterima.

Macam-Macam Alat Indera Manusia

Jika sedang berbicara mengenai alat indera manusia, dibawah ini akan memberikan banyak penjelasan yang sangat berhubungan dengan alat indera yang dimaksudkan tadi seperti dibawah ini.

1. Mata

Mata adalah salah-satu alat indera yang fungsinya secara umum adalah untuk melihat. Mengapa mata disebut sebagai alat indera? Ini dikarenakan mata memiliki kemampuan dalam menerima suatu rangsangan dalam bentuk cahaya yang datangnya dari luar. Mata atau bola mata letaknya dalam rongga mata pada tulang tengkorak yang terdiri dari lapisan lemak.

Mata yang dianggap sebagai alat indera ternyata memiliki beberapa macam bagian yaitu:

  • Kornea

Kornea disebut sebagai bagian dari mata yang disebut sebagai bagian mata bening. Kornea memiliki sifat yang sangat luar biasa yaitu tembus pandang yang letaknya berada pada lapisan yang paling luar.Fungsi dari kornea adalah tempat masuknya cahaya sebelum ia masuk kedalam sel-sel bagian dalam.

Apabila kita melihat mata seseorang, pasti ada yang namanya pupil atau bola mata hitam dan yang lainnya seperti bagian mata dengan warna abui-abu, coklat bahkan juga bisa biru berdasarkan sifat genetiknya atau yang disebut sebagai iris. Bagian inilah yang ditutupi oleh Kornea.

  • Pupil

Telah disebutkan sebelumnya, pupil adalah lingkaran hitam mata yang dianggap sebagai tempat yang dilalui oleh cahaya sebelum mengarah kedalam mata. Fungsi dari pupil ini adalah sebagai pengatur bagi setiap cahaya yang masuk.

  • Iris

Ini juga bagian dari mata yang berwarna dimana letaknya ada di sekitar pupil. Jika seseorang memiliki warna mata yang berbeda, ini adalah sebagian tugas dari iris. Itulah sebabnya iris sering disebut sebagai “selaput pelangi”.

  • Retina atau selaput jala

Pada bagian mata, inilah yang disebut-sebut sebagai bagian mata yang terdiri dari lapisan tipis dan sangat mudah dalam menerima adanya cahaya. Retina terletak pada dinding yang terdalam dengan fungsi menangkap suatu bayangan. Retina juga terdiri dari reseptor cahaya atau sel batang serta sel kerucut. Namun sayang, ini itu tidak dimiliki pada bagian belakang retina.

  • Sklera atau selaput putih

Mata yang berdinding putih atau berselaput putih disebut sebagai sklera. Fungsi dari sklera ini adalah sebagai pelindung serta mempertahankan bentuk mata.

  • Lensa mata

Lensa mata disebut sebagai bagian mata dengan sifatnya yang lunak serta transparan. Bagian mata ini terletak tepat dibelakang iris yang berfungsi sebagai tempat untuk mengumpulkan cahaya supaya setiap bayangan benda berada pada titik yang diinginkan. Lensa mata ini memiliki kemampuan yang sangat unik sebagai daya akomodasi.

  • Saraf optik

Saraf optik berfungsi sebagai untuk melanjutkan pesan dari retina yang kemudian dikirimkan ke otak. Dari sinilah kita bisa mengetahui ukuran atau bentuk benda yang dilihat. Ini artinya apabila saraf optik tersebut rusak, maka mata tidak dapat berfungsi sepenuhnya.

  • Koroid

Ini disebut sebagai dinding mata yang berfungsi untuk memberikan atau membekali oksigen serta nutrisi pada bagian mata yang lain terutama retina. Biasanya, warna koroid coklat kehitaman bahkan hitam.

  • Titik buta

Titik buta adalah bagian mata yang tidak memberikan informasi visual pada otak. Pada bagian tersebut, tidak ada sel yang dibekali oleh rangsangan cahaya.

2. Telinga

Selain mata, telinga juga dianggap sebagai salah-satu alat indera dimana fungsinya dalam menerima setiap rangsangan dalam bentuk gelombang suara. Berdasarkan fungsinya, telinga juga terdiri dari beberapa sel yang juga dapat menerima rangsangan berupa suara. Ini disebut sebagai fonoseptor.

Berdasarkan penjelasannya, telinga dikatakan memiliki berbagai macam bagian yaitu:

  • Telinga bagian luar

Tahukah anda ternyata telinga bagian luar memiliki beberapa bagian yaitu daun telinga dan liang pendengaran atau lubang telinga. Fungsi dari bagian luar telinga ini adalah menerima masuknya gelombang suara sebelum dilanjutkan pada telinga bagian tengah.

  • Telinga bagian tengah

Lain bagian luar telinga dan lain pula bagian tengah telinga. Bagian tengah telinga juga memiliki beberapa bagian yaitu gendang telinga, tulang pendengaran yang juga terdiri dari beberapa bagian seperti tulang maleus (martil), tulang inkus (landasan) dan tulang stapes (sanggurdi) serta saluran eustachius. Fungsi dari gendang telinga adalah menetralisir suatu bunyi sebelum masuk kebagian dalam.

Dan fungsi dari beberapa bagian tulang pendengaran adalah untuk menjaga ketahanan serta memperkuat getaran dari masuknya suara sehingga melanjutkannya ke koklea atau rumah siput.

  • Telinga bagian dalam

Dan selanjutnya adalah telinga bagian dalam. Disini menyebutkan, telinga bagian dalam dikatakan terdiri dari koklea atau rumah siput, saluran tengah lingkaran serta suatu rongga yang memiliki cairan. Dan fungsi telinga bagian dalam adalah untuk mengubah suatu rangsangan suara menjadi impuls sebelum dilanjutkan ke otak. Ada kepentingan lain yang juga wajib untuk anda ketahui dimana telinga bagian dalam juga memiliki organ keseimbangan.

3. Hidung

Secara umum, fungsi dari hidung adalah mencium atau membaui. Berdasarkan fungsinya, hidung akan menerima rangsangan berupa aroma serta gas. Pada bagian dalam hidung juga memiliki serabut saraf dan juga sel pembau. Dari sinilah yang nantinya rambut-rambut halus dari sel pembau akan menerima rangsangan yang kemudian mengubahnya menjadi impuls sebelum akhirnya kembali dilanjutkan ke otak.

Ada pula beberapa bagian dari hidung adalah sebagai berikut:

  • Tulang Hidung

Ini adalah bagian hidung yang fungsinya untuk membentuk rongga hidung. Tulang hidung juga memiliki beberapa bagian seperti tulang rawan dan tulang sejati. Letak dari tulang sejati tepat ada pada bagian atas tulang rawan.

  • Selaput Lendir

Selaput lendir juga disebut-sebut sebagai bagian hidung yang letaknya pada bagian teratas rongga hidung. Fungsi selaput lendir adalah untuk menghasilkan lendir supaya kelembaban hidung tetap stabil. Tujuan untuk menjaga kelembaban hidung untuk mencegah masuknya zat kimia yang membahayakan tubuh.

  • Rambut atau bulu hidung

Bukan hanya kepala saja yang memiliki rambut, tetapi hidung juga memilikinya. Salah-satu fungsi rambut kepala adalah untuk mencegah sinar matahari menyentuh langsung ke kulit kepala. Lain pula fungsi pada bulu hidung yang dianggap sebagai penyaring aroma yang dapat membahayakan tubuh.

  • Sel-Sel Pembau (Silia Olfaktorius)

Sel pembau pada hidung terletak persis pada bagian paling atas rongga hidung yang terdiri dari ujung saraf atau disebut dendrit yang bentuknya hampir menyerupai rambut. Inilah yang menerima bau sehingga membentuknya menjadi impuls saraf.

4. Lidah

Dan alat indera yang selanjutnya adalah lidah. Mengapa lidah disebut sebagai alat indra yang ada pada tubuh manusia? Ini dikarenakan fungsinya untuk mengecap setiap rasa yang ada pada makanan dengan menerima rangsangan berupa zat kimia.

Lidah juga terdiri dari otot tebal yang terlindungi dari adanya lendir atau air liur dan pada permukaan lidah juga memiliki benjolan kecil. Selain itu, adanya reseptor pada lidah mampu mengubah rangsangan menjadi impuls.

Setelah kita mengetahui penjelasannya, sama seperti yang lainnya dimana lidah juga memiliki berbagai macam bagian yaitu:

  • Lidah bagian atas atau permukaan superior

Bentuk pada bagian lidah tersebut seperti huruf V atau yang disebut sebagai sulkus terminal. Pada bagian ini juga terbagi lagi seperti bagian permukaan anterior dan juga permukaan posterior. Pada permukaan anterior juga dibagi lagi dengan ujung lidah hingga pada bagian tubuh lidah sedangkan permukaan posterior lidah bagian bawah tersusun dari tubuh lidah dan puncak lidah.

Bagian lidah ini berfungsi sebagai pengecap rasa karena sifatnya yang bersentuhan langsung bagi setiap makanan maupun minuman yang masuk kedalam mulut.

  • Akar lidah

Letak akar lidah berada diantara tulang hyoid serta rahang bagian bawah lidah. Fungsi dari akar lidahini adalah untuk menggerakkan lidah ke segala arah.

  • Tubuh lidah

Hampir semua struktur lidah terdiri dari tubuh lidah. Tubuh lidah dikatakan memiliki permukaan kasar yang disebut sebagai papilla lingual. Fungsi papila pada lidah yaitu untuk membantu membedakan rasa makanan.

  • Tonsil atau amandel

Ini juga dianggap sebagai bagian lidah yang terdapat pada sisi kanan dan kiri rongga mulut. Itu adalah tonjolan yang disebut dengan amandel. Sifat dari tonsil atau amandel adalah bisa membesar sesuai dengan waktu. Pembesaran amandel bisa mengakibatkan mengalami kesulitan dalam menelan. Amandel berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh manusia yang sangat berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

  • Adenoid

Ini juga disebut sebagai bagian lidah dimana fungsinya sebagai pencegah infeksi yang berasal dari kuman atau bakteri. Dengan kata lain, inilah yang nantinya akan melawan kuman serta bakteri.

  • Kuncup lidah

Ini adalah bagian lidah yang letaknya pada permukaan lidah. Kuncup lidah dikatakan terdiri dari sebanyak 300 perasa yang mampu mendeteksi keseluruhan rasa baik itu manis, asam, pahit maupun asin.

  • Frenulum

Bagian lidah yang selanjutnya adalah Frenulum dimana bentuknya seperti jaringan tipis yang bertugas untuk menghubungkan lidah dengan dasar mulut.

  • Otot lidah

Otot lidah adalah bagian lidah yang sama pentingnya dengan organ lain. Tanpa adanya otot lidah, lidah tidak dapat berfungsi dengan baik. Lidah dikatakan memiliki berbagai macam otot yang berhubungan satu sama lain. Ada juga kelompok otot lidah yang berbeda seperti kelompok lidah intrinsik dan juga kelompok lidah ekstrinsik. Fungsi dari otot lidah intrinsik adalah mengubah bentuk lidah yang bersifat sementara, sedangkan otot ekstrinsik berfungsi sebagai mengubah posisi atau pergerakan lidah misalnya yang menjulur manjadi terlipat.

5. Kulit

Dan indera yang terakhir pada tubuh manusia adalah kulit. Fungsi kulit tubuh manusia sebagai peraba. Kenapa kulit terpilih sebagai salah-satu indera dari tubuh manusia? Ini disebabkan oleh adanya sel pada kulit yang bisa merespon terhadap sentuhan, tekanan, panas, dingin dan sakit. Ini juga didukung oleh ujung-ujung saraf pada kulit.

Keseluruhan tubuh manusia dibaluti oleh yang namanya kulit agar tubuh bagian dalam terlindungi oleh pengaruh dari luar. Walaupun demikian, tidak seluruh kulit memiliki ujung saraf dan bagian tubuh yang memiliki ujung saraf adalah ujung jari, telapak tangan, telapak kaki, bibir dan daerah kemaluan.

Pada kulit manusia dikatakan memiliki beberapa bagian yang berbeda, apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

  • Epidermis

Ini adalah bagian kulit yang letaknya pada bagian terluar. Ini juga disebut sebagai kulit ari yang katanya satu-satunya lapisan kulit tahan akan air dengan ketebalan yang berbeda.

  • Dermis

Nah.. inilah yang dianggap sebagai bagian kulit yang letaknya ada pada bagian bawah dari epidermis. Epidermis dan dermis dikatakan terhubung pada yang namannya membran basal. Inilah bagian kulit yang paling tebal dibandingkan dengan epidermis. Pada lapisan dermis juga terdiri dari kolagen, serta elastis serta matrix ekstrafibrillar atau suatu zat ekstraseluler yang juga terdiri dari glukosaminoglikan, proteoglikan serta glikoprotein. Lain dari itu, kulit dermis juga memiliki mechanoreceptor dan thermoreceptor dimana fungsi mechanoreceptor untuk merasakan sentuhan dan thermoreceptor memberikan rasa panas.

  • Hipodermis

Bagian dari kulit yang terakhir adalah hipodermis. Letak bagian kulit ini persis ada pada bagian bawah dermis. Inilah satu-satunya bagian kulit yang memiliki banyak lemak dan dianggap sebagai cadangan makanan, sebagai penahan benturan serta panas. Ia juga disebut sebagai bagian kulit yang terdalam karena adanya pembuluh darah limfa serta saraf.

Alat indera adalah bagian-bagian tubuh manusia yang memiliki kemampuan dalam menerima suatu rangsangan yang akan dikirimkan ke otak. Beberapa diantaranya yang dianggap sebagai alat indera dan yang dimaksudkan adalah mata, kulit, lidah, telinga dan hidung.

Mata adalah salah-satu alat indera yang fungsinya secara umum adalah untuk melihat, telinga juga dianggap sebagai salah-satu alat indera dimana fungsinya dalam menerima setiap rangsangan dalam bentuk gelombang suara, secara umum, fungsi dari hidung adalah mencium atau membaui, fungsi lidah untuk mengecap setiap rasa yang ada pada makanan dengan menerima rangsangan berupa zat kimia dan fungsi kulit tubuh manusia sebagai peraba.

Guys, sekian dulu yang bisa kami berikan untuk anda mengenai indera pada tubuh manusia. Semoga saja sangat bermanfaat dan memberikan wawasan tambahan. Di penghujung artikel ini kami ucapkan selamat membaca dan sampai jumpa.

Share.

About Author