Penjelasan Lengkap Mengenai Tabel Dan Grafik

0

Semua orang pasti tau apa itu tabel dan grafik. Namun masih banyak diantara kita yang belum mengerti sebenarnya tabel dan grafik itu seperti apa. Karena Tabel dan Grafik kadang disama artikan. Padahal Tabel dan Grafis jelas-jelas memiliki sesuatu yang sangat menonjol dalam pengertian, fungsi dan jenisnya.

Tabel diartikan sebagai daftar yang berisi sejumlah data atau informasi yang disusun dengan garis pembatas. Dan Grafik diartikan sebagai gambaran dari pasang surut suatu data yang ditampilkan dengan bentuk gambar, garis, lingkaran. Untuk saya akan menjelaskan pengertian, fungsi serta jenis dari keduanya. Yaitu berikut ulasannya.

Pengertian Tabel

Tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom, atau mungkin dalam struktur yang lebih kompleks. Tabel banyak digunakan dalam komunikasi, penelitian dan analisis data. Tabel juga di artikan daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data-data informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas.

Umumnya, data dalam tabel berupa bilangan atau kata-kata yang disusun dalam urutan tertentu, serta memiliki garis pembatas agar bisa lebih mudah dimengerti oleh para pembaca. Tabel sering muncul muncul di media cetak, tulisan, perangkat lunak komputer, arsitektur hiasan, rambu lalu lintas, dan lain-lain. Isi dan terminologi untuk menggambarkan sebuah tabel bergantung pada konteks dari data yang akan disajikan.

Tabel adalah data yang berisi iktisar sejumlah data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga mudah untuk disimak. Untuk menjelaskan isi tabel anda perlu membekali diri dengan pengetahuan yang berkaitan dengan informasi yang disusun dalam baris dan kolom.

Selain itu tabel dipergunakan sebagai salah satu metode penelian, khususnya dengan langkah-langkah penelitian yang disusun secara sitematis agar yang disampaikan sesuai dengan data yang diungkapkan. Untuk lebih memahami apa itu tabel yang sebenarnya, anda perlu mengetahui ciri-ciri yang dimiliki sebuah tabel. Ciri-cirinya adalah sebagi berikut :

  1. Berisi keterangan tentang berbagai subjek yang sama atau berisi kumpulan data yang telah diteliti.
  2. Terdapat data kuantitatif (data jumlah) yang berisi angka absolut.
  3. Terdapat keterangan yang mudah digunakan sebagai rujukan.
  4. Nilai yang terdapat dalam tabel adalah nilai asli (tidak dibulatkan).

Fungsi Tabel

Dalam Pengertian tabel, dijelaskan bahwa tabel merupakan daftar yang berisikan sejumlah data informasi. Tabel ini memiliki beberapa fungsi yang diantaranya adalah memberikan kemudahan dalam membaca data karena tersusun dengan sistematis sehingga memahaminya juga akan lebih mudah. Beberapa tabel yang memuat data dengan jumlah banyak tidak efektif dalam menerjemahkan suatu data tertentu.

Dengan demikian, data yang ada di dalam tabel kembali diterjemahkan seperti dalam diagram atau carta. Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menafsir tabel :

  • Mencermati bagian-bagian tabel
  • Membaca informasi di sekitar tabel
  • Mengajukan pertanyaan tentang isi tabel
  • Menafsirkan angka-angka atau data
  • Mengaitkan antardata dengan tabel
  • Mengambil kesimpulan

Tabel memberi kemudahan kepada para pembaca karena data dalam tabel disusun secara sistematis sehingga lebih mudah untuk dimengerti. Selain itu, tabel juga berfungsi untuk memberikan informasi mengenai perubahan yang terjadi pada suatu data, entah itu kenaikan ataupun penurunan. Bahkan, tabel juga berfungsi untuk memberikan ikhtisar kepada para pembaca berupa angka-angka yang tersusun secara rapi.

Jenis-Jenis Tabel

Tabel sering sekali digunakan untuk menyajikan data. Pada umumnya ada beberapa jenis tabel yang sering digunakan. Berdasarkan jumlah karakteristik dalam tabel, tabel dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

  • Tabel satu arah

Tabel satu arah adalah tabel yang memuat keterangan mengenai satu hal atau satu karakteristik saja. karakteristik yang ditunjukkan bisa berupa jumlah, frekuensi, ukuran, kadar/persentasi, dan lain sebagainya. Ini merupakan bentuk tabel yang paling sederhana dan paling mudah dibuat.

  • Tabel dua arah

Tabel dua arah merupakan jenis tabel yang menyajikan hubungan antara dua karakteristik. Contohnya antara lain seperti tabel yang berisi data jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan umur, agama dan tempat tanggal lahir, atau jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin dan kelas, dan masih banyak lagi.

  • Tabel tiga arah

Tabel tiga arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara tiga hal atau tiga karakteristik. Misalnya data mahasiswa menurut jenis kelamin, asal daerah, dan jurusan, data jumlah penduduk menurut kecamatan, kelompok umur dan jenis kelamin, data petani padi menurut kategori luas lahan, umur, dan jenis kelamin dan masih banyak contoh tabel 3 arah lainnya.

Pengertian Grafik

 

Grafik adalah penyajian data yang terdapat dalam table yang ditampilkan ke dalam bentuk gambar.Selain itu grafik juga merupakan suatu kombinasi angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataandan lukisan yang disajikan dalam suatu media untu memberikan konsep ataupun ide dari pengirim pada sasaran dalam penyampaian maklumat.

Grafik juga dapat di artikan sebagai rangka yang dapat di bentuk menjadi objek visualisasi tabel. Tabel yang ini terdiri dari angka yang akan di sajikan atau dapat pula diberikan tampilan dengan bentuk gambar, garis, lingkaran dan lain-lain. Selain itu ada pula definisi grafik yang lain yaitu grafik merupakan gambaran dari pasang surutnya suatu data yang ada dan digambarkan dengan garis ataupun gambar.

Fungsi Grafik

Grafik berfungsi untuk membantu penyajian data sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Selain dalam bentuk grafik biasanya data juga biasa disajikan dalam bentuk tabel, namun data yang disajikan dalam bentuk tabel dianggap kurang menarik. Jadi dapat disimpulkan fungsi grafik:

  • Menggambarkan data kuantitatif dengan teliti.
  • Menerangkan perkembangan, perbandingan suatu obyek ataupun peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas. Grafik disusun berdasarkan prinsip-prinsip matematika dengan menggunakan data-data yang komparatif.

Seperti saat ini, hampir seluruh organisasi dari pemerintah maupun swasta menggunakan grafik dalam menyajikan data untuk kepentingan sosialisasi promosi maupun laporan pertanggungjawaban perusahaan atau organisasi.

Jenis-Jenis Grafik

Penyajian data dalam bentuk grafik terlihat lebih menarik karena data tersaji dalam bentuk visual. Gambar grafik frekuensi yang banyak dipergunakan dalam metode statistik adalah histogram, polygon, kurve dan garis. Grafik terdiri dari tiga macam yaitu sebagai berikut:

  • Grafik Batang

Grafik batang termasuk salah satu grafik yang paling banyak digunakan, jenis grafik ini memiliki banyak bentuk. Grafik batang merupakan grafik yang paling sederhana diantara jenis-jenis grafik lainnya. Karena grafik ini sangat mudah untuk dipahami dan hanya menggambarkan data dalam bentuk batang. Tipe-tipe data yang dapat disajikan dalam bentuk grafik batang adalah sebagai berikut:

  1. Proporsi dari beberapa populasi : Ini biasanya disajikan untuk jenis data dalam bentuk grafik dimana masing-masing populasi akan diwakilkan oleh satu batang grafik beserta dengan nilai maksimum 100 dan nilai produksinya 0 sampai100.
  2. Menggambarkan perkembangan Suatu data : Ini merupakan data yang menggambarkan pertumbuhan atau perkembangan sesuatu, yang disajikan dalam bentuk grafik garis. Namun, ini juga dapat digunakan dalam grafik batang untuk menyajikan pertumbuhan data sekaligus perbandingannya.
  3. Perbandingan individu dalam satu kelompok : Yang ini menggambarkan contoh data untuk kasus perbandingan. Grafik batang pertandingan ini dapat disajikan dengan gambaran setiap orang yang akan diwakilkan dengan nilai 0 sampai 10.
  • Grafik lingkaran

Grafik yang penyajian datanya mengunakan lingkaran. Grafik lingkaran ini termasuk gambaran naik turunnya data yang berupa lingkaran untuk menggambarkan persentase dari nilai total suatu data. Dalam membuat grafik lingkaran ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu menentukan presentase suatu kelompok data yang dapat dilakukan dengan cara menjumlahkan data suatu kelompok dengan jumlah seluruh data di kali 100%.

  • Grafik Garis

Grafik garis dibuat biasanya untuk menunjukkan perkembangan suatu keadaan. Perkembangan tersebut bias naik bias turun. Hal ini akan Nampak secara visual melalui garis dalam grafik. Dalam grafik terdapat garis vertical yang menunjukkan jumlah dan yang mendatar menunjukkan variable tertentu yang ditunjukkan pada gambar dibawah, yang perlu diperhatikan dalam membuat grafik adalah ketepatan membuat skala pada garis vertical yang akan mencerminkan keadaan jumlah hasil observasi

  • Grafik Titik

Salah satu grafik yang dapat digunakan untuk menyajikan data trend, namun jika dibandingkan dengan grafik garis, grafik garis jauh lebih baik dibandingkan grafik titik namun akan sangat cocok digunakan untuk melihat sebaran data. Selain untuk melihat perkembangan graffiti ini dapat juga digunakan untuk melihat pancaran Suatu data dari kelompok sebarannya. Pencarian data biasa disebut sebagai data out layer.

Nah,, itu dia perbedaan antara tabel dan grafik. Tabel dan Grafik memiliki pengertian fungsi serta jenis-jenis tersendiri. Dari penjelasn di atas, mungkin anda sudah lebih mengerti mengenai tabel dan grafik tersebut. Dimana Grafik merupakan suatu rangka untuk membentuk Objek visualisasi table. Sedangkan tabel merupakan bilangan atau kata-kata yang disusun dalam urutan tertentu. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan anda.

Share.

About Author